Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) - Portal Pelajar

Gedung Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) merupakan salah satu perguruan ikatan dinas yang dapat menjadi salah satu pilihan kamu dalam melanjutkan pendidikan. STIS sebelumnya dikenal dengan sebutan Akademi Ilmu Statistik (AIS) berada dibawah naungan Badan Pusat Statistik.
Berpusat di Jakarta, perguruan tinggi ini memiliki peminat yang cukup tinggi, yaitu mencapai 24.226 orang pada tahun 2017 sedangkan kuota mahasiswa yang dimiliki STIS hanya sejumlah 600 orang. Dengan peminat yang sebanyak itu, STIS menjadi salah satu PTK favorit di Indonesia setelah STAN dan IPDN. Sebagai bayangan, kami telah menyediakan diagram kelulusan STIS pada dua tahun terakhir.


Diagram Kelulusan STIS 2016 dan 2017 | Note: Mohon maaf, gambar salah.
Sama seperti PTK lainnya, sekolah di STIS tidak dipungut biaya pendidikan. Bahkan, mahasiswa STIS akan mendapatkan uang saku sesuai dengan peraturan yang berlaku. Selain itu, lulusan STIS akan langsung diangkat menjadi CPNS dan dipekerjakan di berbagai BPS di Indonesia. Jadi, peluang mengaggur lulusan STIS sangatlah sedikit.
Untuk diterima di STIS, kamu akan menghadapi seleksi yang sangat ketat. Oh ya, ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi sebelum mengikut seleksi. Informasi persyaratan pendaftaran dapat kamu baca disini. Seleksi STIS terdiri dari tiga tahap yaitu.
·      Ujian tahap I (Tes tulis Matematika dan Bahasa Inggris)
·      Ujian tahap II (Psikotes)
·      Ujian tahap III (TKD, wawancara, dan tes kesehatan)
Berikut merupakan daftar lengkap dari materi yang diujikan pada ujian tulis seleksi STIS.


Materi yang Diujikan pada ujian tulis seleksi STIS

Tidak seperti sekolah tinggi kedinasan lainnya, terdapat satu hal yang sangat disayangkan pada STIS yaitu penerimaan mahasiswanya yang terbatas pada siswa SMA program IPA dan IPS. Jadi, bagi kamu yang merupakan lulusan SMK, SMA program Bahasa, ataupun sekolah keagamaan harus berkecil hati karena tidak bisa mengikuti seleksi STIS.
Untuk melatih kemampuan kamu dalam mengerjakan soal pada berbagai tes tulis dalam seleksi SITS, kami telah mengumpulkan berbagai latihan soal yang dapat kamu unduh.

Syarat Mengikuti SBMPTN
Pendaftaran
·      Sehat jasmani dan rohani (dapat dan layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), tidak buta warna, dan bebas narkoba;
·      Program Diploma Empat (D4):
- Siswa Kelas XII SMA/MA Jurusan IPA Tahun Ajaran 2016/2017 atau;
- Lulusan SMA/MA Jurusan IPA sebelum Tahun Ajaran 2016/2017 dengan       umur tidak lebih dari 22 tahun per 1 Oktober 2017;
- Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 7,00 atau B     pada rapor kelas XII semester I;
·      Program Diploma Tiga (D3): (Khusus Pendaftar yang berdomisili pada wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, Kepulauan Riau, dan Kepulauan Bangka Belitung) 
·      Lulus Ujian Nasional dan memiliki bukti berupa Ijazah atau Surat Keterangan Lulus pengganti ijazah sementara.
·      Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di STIS sampai dengan pengangkatan PNS;          
·      Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain;
·      Bersedia mematuhi peraturan STIS;
·      Setelah lulus pendidikan di STIS, bersedia ditempatkan di unit kerja Badan Pusat Statistik (BPS) sesuai penempatannya di seluruh wilayah Indonesia sampai ke tingkat kabupaten/kota.      

Syarat Mengikuti SBMPTN
Materi yang diujikan pada STIS terdiri dari Matematika, Bahasa Inggris, dan Pengetahuan Umum.
·      Matematika (90 menit)
·      Bahasa Inggris (60 menit)
·      Pengetahuan Umum (69 menit)
Berikut merupakan daftar lengkap materi yang diujikan pada selelksi STIS.
·      Sistem penilaian
1.4 Poin untuk jawaban benar
2.0 Poin untuk tida dijawab
3.-1 untuk jawaban yang salah

Portal Soal

Catatan: Mohon maaf karena saaat ini soal-soal ujian tulis seleksi STIS belum tersedia saat ini, soal-soal kami usahakan agar segera diunggah.

Seperti yang telah saya katakan bahwa tidak terdapat kisi-kisi pada ujian tulis ini, cara yang paling aman sebenarnya adalah menguasai seluruh materi dari masing-masing mata pelajaran. soal ini dapat kamu unduh sebagai bahan latihan untuk menghadapi SBMPTN. 
Itulah informasi yang dapat saya berikan mengenai Sekolah Tinggi Ilmu Statistik. Informasi lebih lengkap dapat kamu periksa pada web resmi STIS.


Baca Juga: Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)


Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) - Portal Pelajar Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) - Portal Pelajar Reviewed by Arya on Agustus 10, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.