Berpikir Jenius Bersama Zenius

Artikel ini adalah cerita pengalaman belajar gue selama masa SMA yang masih gue terapin hingga sekarang. Gue nulis artikel ini dengan tujuan untuk memotivasi elu semua supaya belajar secara sustainable karena ilmu pengetahuan sangat penting dalam kehidupan ini, bukan hanya untuk ngehadapin ujian aja

Gue sengaja pake  bahasa sehari-hari bahkan beberapa kata-kata gaul pada artikel ini supaya pengalamnnya gak terkesan kaku dan kalian juga jadi lebih enjoy ngebacanya.

Geniuses don't study all the time, they fun and sleep too like they said life is playground or nothing.
Quote diatas adalah salah satu quote legendaris yang pernah gue dengar selama delapan belas tahun hidup di dunia ini, gue nemu quote diatas dari salah satu perusahan startup yang berkecimpung pada bidang pendidikan di Indonesia. 

Sebelum membaca cerita pengalaman seseorang, gue rasa ada baiknya untuk mengenal penulisnya terlebih dahulu. Singkat aja  ya, gue I Made Dwi Arya Pradana. Gue adalah lulusan SMA tahun 2018 dan saat ini berstatus sebagai mahasiswa baru pada salah satu PTS di Bali sembari berjuang untuk menghadapi seleksi masuk perguruan tinggi negeri taun depan. Gue gak bisa bilang SBMPTN 2019 karena denger-denger, Kemendikbud berencana untuk ngubah nama bahkan sistem seleksi ujian tulis PTN tahun depan. 

Pada artikel ini, gue akan mencoba nyeritain  suka duka gue selama belajar di bangku SMA. Dimulai dari kemalasan gue dalam kegiatan belajar hingga menjadi seseorang yang kecanduan belajar. Ini bukan sekedar cerita pengalaman biasa lho, gue juga bakal usahain untuk nyisipin tips dan informasi seputar belajar. Oh ya, supaya lebih ngena dan gampang dicerna otak, gue akan nyeritain pengalmaan ini secara terperinci dan sesuai dengan lini masanya. 

#1 Belajar? Males Banget!
Berawal dari awal masuk SMA, tepatnya ketika kelas sepuluh semester pertama. Pada saat itu gue masih nyantai-nyantai aja tuh. Bodo amat sama masa depan, toh masa depan bakal tetep terjadi walau gue main dan ngurung diri di kamar seharian.  

“Percuma kan gue belajar kalau usaha gue bakal kalah sama orang bejo”. 
“Gue bukan orang yang pinter, gue udah pernah nyoba belajar keras tapi tetep gak bisa bersaing dengan mereka yang pinter”. 
“Hidup cuma sekali, baca komik jauh lebih seru daripada baca buku pelajaran kan?” 

Pernyataan-pernyataan diatas begitu meracuni pola pikir gue. Begitulah, gue masih polos banget ya. Gue rasa rata-rata pelajar di dunia juga berpikiran seperti itu, gak heran sih mereka bulai berbondong-bondong belajar keras pas masuk kelas dua belas buat ngadepin seleksi PTN. Kebanyakan dari mereka akan merasa panik dan baru memikirkan masa depan ketika akhir-akhir belajar di SMA.Kemalasan gue terus berlanjut hingga menempuh semester kedua di kelas sepuluh. 

Hal konyol pun pernah terjadi, saat itu sedang berlangsung mapel Bimbingan Konseling. Seorang guru BK nanyain setiap siswa mengenai cita-citanya di masa depan. Nah, pas giliran gue tuh, dengan lugasnya gue ngejawab, “Saya ingin menjadi kepala sekolah, Bu”, seketika suasana kelas menjadi rame, seisi kelas menertawakan  gue, kayaknya mereka heran gimana orang seperti gue bisa bercita-cita jadi seorang kepala sekolah. Gue jadi merasa sakit hati, sebegitu bodoh kah gue hingga mereka tertawa begitu lepas. 

Kehidupan sekolah pada saat itu hanyalah sebuah keseharian pahit yang harus gue hadapi. Ketertarikan gue untuk pergi ke sekolah hanyalah untuk main video games bareng sama teman-teman, nikmatin koneksi internet gratis, dan mendapatkan uang jajan oleh orangtua. Gue pada kala itu begitu rapuh, gak sedikitpun terlintas dalam benak gue untuk belajar, menjadi manusia yang lebih baik.  

Begitulah keadaan gue pas kelas sepuluh. Nilai akademis gue juga bisa dibilang biasa aja, bahkan bisa dbilang jelek kalau dibandingin sama siswa-siswa di kelas lain. Gue inget banget waktu itu pernah hampir gak belajar sama sekali dalam kurun waktu seminggu. Kebayang  gak tuh gimana gue nyia-nyiain waktu, betapa bodohnya gue yang gak peduli  betapa berharganya waktu pada saat itu. Gue gak menyadari kalau masa SMA adalah masa emas untuk menuntut ilmu karena pada masa inilah gue gak bakal keganggu sama kerjaan atau urusan rumah rangga. Selain itu, SMA juga merupakan jenjang pendidikan dasar terakhir yang bakal gue tempuh. Mungkin saat itu gue gak bisa menikmati nikmatnya belajar pada masa ini secara penuh. 

#2 Penemuan Paling Berharga dalam Hidup
Naik kelas sebelas dengan hasil rapor kelas sepuluh yang lumayan jelek, gue mulai panik nih. Gue pesimis lulus SNMPTN yang akan diadain dua tahun lagi. Ya memang masih lama, tapi kan nilai rapor kelas sepuluh juga jadi point penting dalam seleksi penerimaan mahasiswa melalui jalur itu. Keadaan semakin buruk karena keadaan ekonomi orangtua saat itu gak mendukung gue untuk masuk PTS. Ya, walaupun orangtua pasti usahain  supaya anakanya bisa kuliah, tapi gue merasa kasihan juga sama beliau. Seperti anak lainnya, gue sebagai seorang anak yang suputra juga ingin ngeringanin beban beliau dong. 


Nilai rapor gue pada semester lima kelas dua belas. Rata-rata nilai rapor 90



Nah, mulai saat itu gue mulai ambis belajar tuh. Gue ngulang materi pelajaran dari awal dengan nyoba mahamin kembali pelajaran-pelajaran pas kelas sepuluh. Saking ambisnya belajar, gue sempet nolak ajakan teman gue untuk hang out dan melupain hobi gue main video games dan nonton film. Pernah juga gue dimarahin ibu karena sering lupa makan dan terlalu lama ngurung diri di kamar. Gue bener-bener merasa tersiksa saat itu. Belajar menjadi sebuah siksaan fisik dan batin yang harus gue hadapi, namun gue berusaha untuk nahan siksaan itu dengan pikiran kalau masa SMA ini merupakan masa terakhir gue mendapat siksaan belajar

Pola belajar gue saat itu agak tergesa-gesa, gue berusaha belajar dengan ngebut karena merasa ketinggalan jauh dalam pelajaran. Gue juga luangkan waktu ekstra untuk belajar sehari sebelum ulangan, sistem kebut semalam pun gue terapin. Pernah juga tuh gue belajar sampe pukul 02.00 karena harus ngafalin jawaban berbagai soal yang kemungkinan bakal keluar pada ulangan keesokan harinya. 

Benyak waktu luang yang gue kerahin saat itu. Sayangnya, perjungan belajar ambis gue gak berjalan mulus. Gue pernah dihukum  beberapa guru karena sering gak buat tugas sekolah dan gak dengerin beliau dalam mengajar. Kayaknya  masalah ini terjadi karena selain gue terlalu ambis belajar, gua juga gak ngerti dengna cara mengajar beberapa guru di sekolah. Utamanya cara belajar yang harus ngerangkum materi pelajaran yang udah ada di buku, gua ngerasa gak cocok aja dengan cara belajar yang kayak gitu. Konsentrasi gue gak bisa terfokus ke tulisan yang sedang gue tulis, alhasil hanya sedikit materi pelajaran yang nyangkut ke otak. Gue juga selalu merasa bosan kalau harus belajar dengan membaca buku dalam jangka waktu yang lama. 

Singkat cerita, gue akhirnya nerima hasil belajar semester genap di kelas sebelas. Hal yang sangat mengejutkan, nilai gue gak jauh meningkat dari kelas sepuluh. “Waduh, apa yang salah sama diri gue? Kan gue udah usaha ngafalin ini itu sampai otak gue kerasa penuh”. Saat itulah gue merasa benar-benar depresi, usaha belajar mati-matian gue gak begitu memberikan hasil yang bagus. Lagi-lagi gue bingung, mau jadi kepala sekolah macam apa gue di masa depan. Kedepresian membawa diri gue kembali ke perilaku yang buruk. Waktu senggang selama liburan sekolah gue habisin penuh untuk main video games dan ngepoin kehidupan orang lain di jejaring sosial. Kegiatan tersebut gue lakuin secara terus menerus dan berhari-hari hingga suatu ketika, gue secara gak sengaja nemu iklan Zenius di Facebook yang berisi artikel tentang ……..   




Gue baca artikel itu sampai habis dan wow! gue merasa tercengang oleh artikel itu. “For real? Just what I had been doing those days”. Gue semakin penasaran sama Zenius hingga gue baca artikel-artikel Zenius Blog hingga ke akar-akarnya. Pada akhirnya juga gue tertarik untuk nonton salah satu video di zenius.net. Begitu selesai nonton, gue langsung merasa tercerahkan dan sadar kalau sebenarnya ga ada yang salah sama diri gue, kesalahannya hanya terdapat pada persepsi dan cara belajar gue yang sebelumnya. 

Persepsi gue mengenai belajar sebelumnya adalah kegiatan membosankan yang mau gak mau harus dilakuin oleh setiap pelajar secara perlahan berubah seiring gue nonton videonya Zenius. Gue mulai paham kalau belajar bukan hanya sekedar kegiatan untuk menambah ilmu pengetahuan sehingga memperoleh nilai akademis tinggi di sekolah, namun kegiatan positif yang bertujuan untuk menjadi manusia yang lebih baik dengan mengembangkan potensi diri dan cara berpikir seorang manusia. Selain itu, gue juga sadar kalau belajar gak harus dilakuin dengan cara nyatet atau dengerin penjelasan guru di kelas. Belajar bisa dilakukan dengan berbagai cara, contohnya dengan nonton video, dengerin audio, bahkan melalui baca pengalaman diri sendiri maupun orang lain. Setelah membaca cerita ini mungkin aja lho kalian mendapatkan pelajaran,  ya jelas sih pelajaran dari kesalahan yang pernah gue lakuin pada masa SMA. 

Omong-omong mengenai cara belajar, setiap orang memiliki cara belajar efektif yang beda-beda guys, beberapa orang cepet nangkep pelajaran dengan membaca buku, namun beberapa orang malah merasa membaca buku adalah kegiatan yang membosankan yang berakhir pada hilangnya konsenstrasi saat membaca. 


  • Visual learners, yaitu pelajar yang cenderung bagus dalam ngedapetin informasi dengan melihat secara visual hubungan antara ide, contohnya melihat grafik atau nonton video.
  • Auditory learners, yaitu pelajar yang cenderung milih untuk dengerin informasi daripada melihat secara visual. 
  • Reading/Writing learners, yaitu pelajar yang cenderung baik dalam menerima informasi dengan cara menulis daripada mendengar ataupun melihat. 
  • Kinesthetic Learners, yaitu cara belajar yang seneng banget bereksperimen, mereka belajar baik dengan langsung melakukan praktik, istilahnya learning by doing gitu lah.

Lanjut ke cerita pengalaman gue guys. Oh ya, sebelumnya mungkin kalian bingung mengapa chapter ini gue beri judul ‘penemuan paling berharga dalam hidup’? Ya, gue berani buat gitu karena pada bagian inilah gue menemukan harta karun yang sangat berharga bagi hidup gue. Penemuan yang mengubah drastis hidup gue.  

Mulai saat itu, gue bisa enjoy  dalam menyerap berbagai materi pelajaran hingga tanpa disadari, gue bisa mendapatkan ilmu lebih banyak dengan waktu yang jauh lebih singkat. Hal ini berbanding terbalik dengan cara belajar gue pas kelas sebelas kan? Mulai saat itu gue bisa menjalankan kembali hobi dan berbagai kegiatan gue pada bidang non akademis. Asyik banget kan, gue masih bisa belajar banyak sambil ngelanjutin seri tv Game of Throne dan baca komik terbaru. 

#3 Perjalanan Menjadi Seorang Sustainable Learner

Perjalanan gue belum berkahir ya guys, walaupun saat itu gue udah ketemu sama Zenius dan tau cara belajar yang cocok, gue masih berjuang untuk menghadapi UNBK, berbagai ujian akhir di SMA, dan ujian tulis seleksi masuk PTN. Saat itu gue mulai ambis lagi, eits… ambis kali ini beda dengan saat  kelas sebelas ya. Kala itu gue ambis belajarnya jauh lebih teratur dan enjoy, Bray. Gue gak ngerasa tersiksa lagi sama kegiatan belajar, bahkan gue seneng dan semangat banget belajar karena gue udah tau kalau belajar bisa ngerubah diri gue menjadi pribadi yang lebih baik. Omong-omong, apa aja tuh perubahannya? Okay, gue jelasin deh. 

Pertama, cara belajar gue menjadi jauh lebih efektif. Gue dulu orangnya belajar dengan cara ngafalin berbagai hal yang terdapat pada buku tanpa sedikitpun usaha untuk mahamin atau ngulik materinya lebih dalam sekarang udah berubah. Gue yang sekarang suka banget ngulik materi pelajaran secara lebih dalam, tentunya ngulik berdasarkan konsep. 

Kedua, manajemen waktu gue jadi jauh lebih baik. Tadi gue udah ceritain kan kalau gue pernah kesiksa hanya karena ambis belajar dengan cara yang salah. Saat itu manajemen waktu buruk banget, gue sering banget menerapkan cara belajar maraton atau SKS karena ambisi berlebihan untuk memperbaiki nilai. Gue gak sadar kalau cara belajar saat itu gak efektif yang menyebabkan gue kekurangan waktu untuk bermain dan menjalankan kegiatan lain.  Oh ya, bagi kalian yang biasanya belajar secara maraton atau nerapin SKS, gue rasa kalian harus menjauhi cara belajar yang seperti itu. Biar gue ga jelasin panjang lebar, gue udah buatin video nih mengenai ketidakefektifan cara belajar 


  

Ketiga, belajar kini menjadi kebiasaan gue. Masih inget kan di kelas sebelas gue pernah berpikiran kalau masa SMA ini merupakan masa terakhir gue mendapat siksaan belajar? Sekarang gue benar-benar nyesel pernah berpikiran kayak gitu. Gue yang sekarang udah seperti orang yang kecanduan belajar. Percayalah, guys! Belajar itu seru ketika kalian tau gimana cara belajar yang baik dan benar. Gue selalu ingat pesan dari Zenius, learn by concept

Keempat, gue gak ngurung diri di kamar lagi. Setelah menemukan penemuan berharga tadi, gue gak lagi diomelin emak karena ngurung diri belajar di kamar seharian. Sekarang gue bisa belajar materi sekolah dimana aja, seperti di minimarket, kolam renang,  kedai kopi, bahkan saat jogging di lapangan. Eee… tunggu dulu, seriusan tuh belajar saat jogging? Iya gue serius, gue mulai memanfaatkan waktu jogging gue sambil dengerin video di Zenius seperti podcast gitu. Ini lebih pada pelajaran seperti Sejarah dan Sosiologi sih, tapi bermanfaat banget.  

Kelima, gue bisa manfaatin hobi gue dengan lebih bijak. Gue dulunya sebenarnya udah sadar kalau hobi gue benar-benar menghabiskan banyak waktu, maka dari itu gue berusaha untuk ngelupain sejenak hobi gue ketika gue ambis belajar di kelas sebelas.


“Apa yang telah gue lakuin? Gue ngebuang waktu dengan kegiatan yang sama sekali gak bermanfaat”. 

Rasa khawatir sering kali menghantui pikiran gue ketika menjalankan hobi. Seperti yang gue bilang pada point nomor dua, gue yang sekarang udah bisa memanajemen waktu. Eit… Gak cuma itu, gue yang sekarang juga bisa memanfaatkan berbagai kegiatan yang gue lakuin untuk setikanya nambah sepercik ilmu.  

Gue yang seneng banget ngebaca komik mulai nyoba baca buku tentang ilmu pengetahuan atau buku apapun yang bisa memotivasi gue seperti buku sejarah, biografi, . Nonton Film dan sinetron fantasy juga gue selingin dengan film biografi. Tau gak gimana hasilnya? Baca buku dan nonton film seperti itu gak kalah serunya dengna nonton film hiburan kayak film pahlawan super atau buku komik. Bagi lo yang punya hobi mirip, mungkin kalian bisa baca artikel gue dan beberapa artikel Zenius tentang buku dan film. 

#4 Hasil dan Akhir Perjuangan 

Semester satu di kelas dua belas pun berakhir, gue telah berhasil ngadepin UNBK dan berbagai ujian lainnya, gue bener-bener kaget liat hasilnya. Kali ini gue bener-bener bangga, nilai rata-rata rapor semester lima gue jauh meningkat dari semester-semester sebelumnya. Hasil UNBK gue juga memuaskan, ya walau nilainya gak tinggi, gue tetep merasa seneng karena setidakanya gue berhasil meraih nilai UNBK tertinggi se-program kelas Bahasa di sekolah gue. 




Gue saat itu merasa sangat senang dan bangga dengan usaha gue. Saking senengnya tuh ya, gue sempet berkeinginan ngedonasiin akun Zenius gue ke adik kelas. Gue ingin mereka merasakan serunya belajar kalau belajarnya dengan cara yang baik dan menikmatinya. Gue juga ingin mereka belajar berdasarkan konsep dan merasakan transformasi nyata seperti gue dalam kehidupannya. Gak hanya pada cara belajar, tetapi juga cara memandang dan mengatasi masalah kehidipan ini. Sayang banget hal itu gak terjadi, gue mengurungkan niat untuk ngedonasiin akun Zenius gue yang udah begitu nyata ngerubah kehidupan gue menjadi lebih baik. Selain itu, akun Zenius gue ini juga bakal gue jadiin partner yang akan menemani gue dalam belajar berkelanjutan hingga saat gue kuliah, kerja, bahkan berkeluarga nanti. Alahsil gue cuma nyaranin mereka untuk belajar lewat Zenius dan beli sendiri voucher premium member-nya he… he… he… 

#Bonus Chapter: Kekocakan yang Terjadi Ketika Belajar 

Pengalaman belajar yang seru baru bisa gue nikmati pada awal masuk kelas dua belas, pada saat itu gue benar-benar merasa haus akan ilmu pengetahuan.

Begitulah suka duka gue ketika SMA yang katanya masa terseru dalam hidup. Dari panjangnya artikel diatas, intinya itu sedikit kok. Gue hanya ingin nyeritain kalau belajar itu harus dinikmati. Jangan pernah menganggap kegiatan belajar sebagai paksaan dalam hidup dan jangan pernah nolak ajakan teman untuk hang out ataupun ngelupain hobi kalian. Coba cari cara belajar yang sesuai buat kamu, buatlah belajar jadi kegiatan yang asyik. Belajar gak harus ngebaca buku kok, belajar juga bisa dari pengalaman diri atau tahu pengalaman orang lain.

Oh ya, pesan dari gue. Jangan pernah merasa diri lo bodoh, yakin aja deh! Lo bisa melakukan apapuun. Artikel ini gue tutup dengan video dari Khan Academy ini nih.

https://drive.google.com/file/d/1BKbFlZzQC1d6d6lLexm5KxIlXStcdWlG/view?usp=sharing






   









Berpikir Jenius Bersama Zenius Berpikir Jenius Bersama Zenius Reviewed by Arya on Juli 09, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.